-->

Resmi Dirilis! Ini Dia 7 Fitur Terbaru di MIUI 9

Resmi Dirilis! Ini Dia 7 Fitur Terbaru di MIUI 9 - Akhirnya tepat tanggal 26 Juli 2017 kemarin, Xiaomi secara resmi memperkenalkan MIUI versi terbaru, yakni MIUI 9. Versi terbaru dari MIUI yang berbasis di Android Nougat ini hadir dengan fitur - fitur terbaru. Namun ada tiga fitur yang paling mencolok dari semua fitur terbaru yang ada di MIUI 9, yakni Image Search, Smart Assistant, dan Smart App Launcher.

Ini Dia 7 Fitur Terbaru di MIUI 9

Sayangnya, semua fitur terbaru yang ada di MIUI 9 baru tersedia dalam bahasa China dan kemungkinan akan berbeda untuk versi Global-nya. Namun, ketiga fitur unggulan tersebut bukanlah satu - satunya fitur baru yang ada di MIUI 9. Karena dilansir dari laman resmi Forum MIUI, total ada 7 fitur terbaru yang ada di MIUI 9. Berikut ulasannya.

7 Fitur Terbaru di MIUI 9

1. Image Search

Ini Dia 7 Fitur Terbaru di MIUI 9

Fitur ini merupakan salah satu fitur unggulan yang ada di MIUI 9 dan juga merupakan hal yang benar - benar baru bagi perangkat Xiaomi. Dengan adanya fitur Image Search ini, pengguna Xiaomi dapat memfilter foto sesuai dengan kata kunci (keyword) yang dimasukkan oleh pengguna, mirip seperti Google Photos.

Sebagai gambaran, ketika pengguna menulis kata "selfie", maka smartphone secara otomatis mencari foto yang diambil menggunakan kamera depan. Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa mencari foto menurut lokasi, acara, ekspresi, dokumen, ataupun foto screenshot.


2. Smart Assistant

Ini Dia 7 Fitur Terbaru di MIUI 9

Fitur baru yang ada di MIUI 9 selanjutnya adalah Smart Assistant. Fitur ini mungkin mirip dengan fitur Google Assistant milik Google dan Siri milik Apple. Sayangnya, fitur Smart Assistant milik Xiaomi ini belum bisa disandingkan dengan fitur Assistant milik Google dan Apple. 

Smart Assistant milik Xiaomi ini baru mampu mencari semua hal yang ada di smartphone, seperti catatan, foto, jadwal, dan lainnya. Smart Assistant milik Xiaomi ini juga baru mendukung perintah berupa text. Jadi, kamu harus menulis perintah tertentu, kemudian fitur ini akan mencari apa yang telah kamu perintahkan.

3. Smart App Launcher

Ini Dia 7 Fitur Terbaru di MIUI 9

Selanjutnya ada fitur Smart App Launcher. Fitur ini merupakan salah satu fitur unggulan yang ada di MIUI 9. Dengan adanya fitur ini, kamu akan dipermudah untuk membuka aplikasi sesuai dengan konten yang ada dilayar smartphone Xiaomi kamu.

Sebagai contoh, ketika kamu sedang membaca atau membuka tentang lokasi, maka fitur ini akan memberikan rekomendasi aplikasi yang sesuai di bagian bawah layar, yakni Google Maps atau aplikasi berbasis Maps lainnya.

4. System Optimizations

Ini Dia 7 Fitur Terbaru di MIUI 9

Seperti yang kita ketahui, MIUI terkenal sebagai UI yang berat saat dijalankan. Oleh sebab itu, di versi terbaru MIUI ini, Xiaomi mengatakan kalau versi MIUI 9 ini lebih ringan dan cepat. Fitur System Optimizations ini juga telah mendukung pembersihan otomatis, optimasi akselerasi CPU, optimasi thread scheduling, cache management, dan lainnya.

Intinya sih fitur System Optimizations ini berfungsi untuk mengoptimalkan hardware dan software pada smartphone.

5. Lightning Fast System

Ini Dia 7 Fitur Terbaru di MIUI 9

Fitur baru di MIUI 9 selanjutnya adalah Lightning Fast System. Belum diketahui pasti apa fungsi dari fitur ini, namun sesuai namanya kemungkinan besar fitur ini berfungsi untuk mempercepat dan mengoptimalkan kinerja lampu flash yang ada pada kamera belakang.

6. Dynamic Resource Allocation

Ini Dia 7 Fitur Terbaru di MIUI 9

Fitur baru MIUI 9 selanjutnya adalah Dynamic Resource Allocation. Fitur ini berfungsi adalah memprioritaskan aplikasi yang sedang berjalan atau digunakan. Maksudnya, ketika kamu menjalankan banyak aplikasi, maka sistem akan memprioritaskan aplikasi yang sedang dipakai. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa aplikasi yang sedang dipakai tersebut dapat berjalan lancar dan cepat.

Ini Dia 7 Fitur Terbaru di MIUI 9

Selain itu, ada juga fitur Quicker launch-times yang menyatu dengan fitur Dynamic Resource Allocation. Fungsi dari fitur Quicker launch-times ini adalah untuk mempercepat kinerja smartphone ketika membuka aplikasi.

7. Split-Screen Multitasking

Ini Dia 7 Fitur Terbaru di MIUI 9
Sumber : https://9to5google.com/
Sebenarnya fitur Split-Screen Multitasking ini bukanlah hal baru bagi pengguna Android. Pasalnya fitur ini sudab menjadi bawaan di Android v7.0 Nougat. Dengan fitur ini, kamu dapat menjalankan dua aplikasi sekaligus. Tentu saja, fitur ini sangat cocok buat smartphone yang memiliki layar besar, seperti Xiaomi Mi Max 2.

Untuk menggunakan fitur ini, kamu hanya perlu menekan tombol Recent. Kemudian, pilih tombol yang bertuliskan Split Screen Mode yang terletak di sebelah kanan atas layar. Selanjutnya kamu tinggal menjalankan aplikasi mana yang ingin kamu jalankan.

Itulah 7 Fitur Terbaru di MIUI 9. Sayangnya, untuk saat ini kamu belum bisa menggunakan fitur tersebut. Pasalnya, MIUI 9 baru tersedia di China. Belum diketahui secara pasti kapan pihak Xiaomi merilis MIUI 9 secara global.

Semoga bermanfaat! (http://infodiki.blogspot.com)

Referensi :
  • https://gayunan.id/7-fitur-baru-di-miui-9/
  • http://en.miui.com/thread-712444-1-1.html
Labels: Info Gadgets, Info Menarik

Thanks for reading Resmi Dirilis! Ini Dia 7 Fitur Terbaru di MIUI 9. Please share...!

7 Comment for "Resmi Dirilis! Ini Dia 7 Fitur Terbaru di MIUI 9"

Fasilitasnya bakalan istimewa pastinya ya gan

Mantap gan, cuma masih versi Beta gan untuk redmi note 4, kemarin mau download, eror...
Thanks gan untuk sharingnya...

Punya saya aja mentok miui 8. Apakah bisa di upgrade?

MIUI 8 aja sudah ntaps gan , apa lagi MIUI 9 wau banget

Mantap banget ini fiturnya gan

Inovasi baru ditengah persaingan yang kian ketat. Kita lihat saja nanti jadinya gimana nih MIUI 9

Komentar yang menyertakan "link mati, link aktif, mempromosikan barang, menghina, dan sejenisnya" tidak akan di publish dan akan dianggap sebagai SPAM.

*orang bijak pasti meninggalkan komentar pada setiap artikel yang dibacanya

Back To Top