-->

8 Alasan Kenapa Smartphone Xiaomi Dijual Dengan Harga Murah

8 Alasan Kenapa Smartphone Xiaomi Dijual Dengan Harga Murah

8 Alasan Kenapa Smartphone Xiaomi Dijual Dengan Harga Murah - Siapa sih yang tidak tahu Xiaomi? Ya, Xiaomi merupakan salah satu produsen smartphone asal China yang bisa dibilang salah satu produsen smartphone tersukses di China bahkan dunia.

Hal itu dapat dibuktikan yang mana pada tahun 2015 lalu, Xiaomi menempati peringkat ke empat sebagai produsen smartphone terbesar di dunia. Namun pernahkah kamu bertanya kenapa sih smartphone Xiaomi laris manis di pasaran? Jawabannya adalah strategi bisnis yang cerdas yang mereka lakukan.

8 Alasan Kenapa Smartphone Xiaomi Dijual Dengan Harga Murah

Bayangkan saja, mereka berani menjual smartphone-nya dengan spesifikasi tinggi dengan harga yang lebih murah dibadingkan dengan kompetitornya. Kok bisa? Berikut ini lima alasan kenapa Xiaomi menjual smartphone-nya dengan harga yang sangat murah.

1. Hanya Memiliki 2 Varian Saja

Alasan Kenapa Smartphone Xiaomi Dijual Dengan Harga Murah

Seperti yang kita ketahui, Xiaomi hanya memiliki dua varian smartphone saja, yakni Redmi series dan Mi series. Redmi series sendiri ditujukan untuk smartphone kelas menengah, sedangkan Mi series ditujukan untuk smartphone high end atau kelas atas.

Dengan begitu, Xiaomi bisa lebih berfokus untuk memproduksi beberapa smarphone pilihan dalam kurun waktu tertentu.

2. Tidak Adanya Toko Fisik

Alasan Kenapa Smartphone Xiaomi Dijual Dengan Harga Murah

Apple dan Samsung memiliki toko fisik untuk menjual produk mereka. Namun apakah Xiaomi ada? Jawabannya adalah TIDAK ADA. Xiaomi sama sekali tidak memiliki toko fisik seperti Apple ataupun Samsung. Dalam strategi penjualannya, Xiaomi tidak memerlukan distributor, reseller, ataupun staf toko yang harus buka setiap harinya. Ini artinya, Xiaomi tidak memerlukan karyawan yang banyak sehingga mereka bisa menekan harga jual smartphone buatannya.

3. Minim Promosi atau Iklan

Alasan Kenapa Smartphone Xiaomi Dijual Dengan Harga Murah

Iklan merupakan sarana yang tepat untuk mempromosikan berbagai produk telah dibuat ke semua orang. Umumnya orang menggunakan media massa untuk mempromosikan produknya sebagai salah satu strategi market, namun Xiaomi justru melakukan hal yang sebaliknya.

Xiaomi sama sekali tidak menggunakan iklan secara komersial melainkan menggunakan media sosial sebagai sarana untuk memperkenalkan setiap produk - produk terbaru buatannya. Dengan cara ini, tentu saja Xiaomi bisa menjual smartphone-nya dengan harga yang murah.

4. Dijual Secara Online

Alasan Kenapa Smartphone Xiaomi Dijual Dengan Harga Murah

Saat ini E-commerce telah berkembang pesat di seluruh dunia. Melihat hal itu, Xiaomi pun memanfaatkannya untuk menjual berbagai produk - produknya secara online dengan cara melakukan kerja sama dengan perusahaan - perusahaan toko online terkemuka di setiap negara yang akan dijadikan target pemasaran produknya.

Hal itu tentu saja bisa menekan biaya pengeluaran perusahaan. Alhasil, Xiaomi pun bisa menekan harga jual produk smartphone-nya menjadi lebih murah.

5. Kerjasama Strategis

Alasan Kenapa Smartphone Xiaomi Dijual Dengan Harga Murah

Perlu diketahui, Xiaomi didirikan oleh orang - orang yang memang sudah berpengalaman dalam dunia bisnis teknologi. Salah satunya Hugo Barra, yang merupakan mantan petinggi Google dan Xiaomi, yang kini bekerja di Facebok. Dengan begitu, tentu saja Xiaomi bisa mendapatkan pasokan kompenen dengan harga yang lebih murah.

Salah satu mitra kerja sama Xiaomi adalah Qualcomm. Qualcomm merupakan salah satu produsen chipset terbesar di dunia yang mana selalu menghadirkan chipset - chipset berkualitas, kuat, dan juga kencang. Makanya, banyak smartphone Xiaomi yang menggunakan chipset buatan Qualcomm sebagai dapur pacunya.

Berkat kerja sama dengan Qualcomm ini, tentu saja Xiaomi bisa mendapatkan prosesor dengan harga yang jauh lebih murah. Tak hanya Qualcomm, Xiaomi juga dekat dengan produsen layar dan komponen lainnya.

6. Tujuan Penjualan Produk

Alasan Kenapa Smartphone Xiaomi Dijual Dengan Harga Murah

Jika Apple menjual produknya untuk kalangan high-end dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan, maka Xiaomi justru melakukan hal yang sebaliknya. Ya, Xiaomi lebih mengutamakan market share ketimbang keuntungan. Makanya, Xiaomi bisa menjual produknya dengan harga murah, asal market share-nya semakin besar.


7. Pandai Membaca Pasar

Alasan Kenapa Smartphone Xiaomi Dijual Dengan Harga Murah

Xiaomi sangat pandai membaca situasi dan kondisi pasar smartphone dunia dalam menjual produknya. Bukannya memperluas jangkauan produknya ke negara - negara yang kurang minat pada smartphone-nya, Xiaomi justru terus menggempur dan memanjakan negara - negara yang sangat menyukai samrtphone-nya, salah satunya Indonesia.

Karena tak ingin kehilangan peminatnya di Indonesia, akhirnya Xiaomi resmi mendirikan pabriknya di Indonesia. Lalu, pada Februari 2017 lalu, Xiaomi akhirnya resmi memperkenalkan smartphone terbaru yang made in Indonesia, yakni Xiaomi Redmi 4A yang dijual dengan harga yang cukup murah namun dengan spesifikasi yang tidak murahan.

8. Flash Sale

Alasan Kenapa Smartphone Xiaomi Dijual Dengan Harga Murah

Metode flash sale yang diterapkan oleh Xiaomi dinilai sangat efektif untuk menekan biaya pemeliharaan dan juga gudang penyimpanan. Sehingga, tidak akan ada produk - produk yang menumpuk di gudang penyimpanan. Alhasil, semua produk yang dibuat akan terjual tanpa tersisa.

Itulah 8 Alasan Kenapa Smartphone Xiaomi Dijual Dengan Harga Murah. Jika masih ada alasan lainnya kasih tahu ya! Semoga bermanfaat.
Labels: Info Gadgets

Thanks for reading 8 Alasan Kenapa Smartphone Xiaomi Dijual Dengan Harga Murah. Please share...!

9 Comment for "8 Alasan Kenapa Smartphone Xiaomi Dijual Dengan Harga Murah"

saya suka xiaomi dan sekarang megang note 3 pro, harga murah
tapi tidak lupa soal spesifikasi, memang xiaomi banyak disukai pengguna yang memiliki modal pas-pasan. pokoknya mantap

Wah, miss Icha jg pake xiaomi, udah 2th malah. Hehehe..

Untuk Xiaomi memang murah tapi tidak murahan , wah saya malah baru tau kalo ada cabang di indonesia .

Iya nih gan. Kabarnya sih awal tahun 2017 udh ada pabriknya di Indonesia.

Betul gan. Xiaomi memang pas untuk kalangan low end dan mid end

Xiaomi 4a harga murah tapi tidak murahan...
Itu punya saya😀

Betul bged gan.. Xiaomi emng murah, tapi gak murahan,

Selain murah, Phonsel xiaomi ini juga bandel untuk mining bitcoin via Android...

Komentar yang menyertakan "link mati, link aktif, mempromosikan barang, menghina, dan sejenisnya" tidak akan di publish dan akan dianggap sebagai SPAM.

*orang bijak pasti meninggalkan komentar pada setiap artikel yang dibacanya

Back To Top