-->

Ini Dia Perbedaan Augmented Reality vs Virtual Reality

Ini Dia Perbedaan Augmented Reality vs Virtual Reality - Perkembangan teknologi semakin hari semakin berkembang dengan begitu pesatnya. Sudah banyak teknologi - teknologi lama yang sekarang tergantikan dengan teknologi di zaman sekarang ini, seperti smartphone, PC, dan lainnya.

Perbedaan Augmented Reality vs Virtual Reality

Nah, salah satu teknologi yang saat ini lagi ngetrend adalah Augmented Reality dan Virtual Reality. Mungkin sebagian diantara kamu ada yang mengira kalau teknologi Augmented Reality dan Virtual Reality adalah teknologi yang sama. Padahal kedua teknologi tersebut jelas berbeda. Nggak percaya? Simak aja ulasannya berikut ini.

Perbedaan Augmented Reality vs Virtual Reality

Virtual Reality (VR)

Teknologi Virtual Reality adalah sebuah teknologi yang memungkinkan kamu untuk dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan dimensi 3D yang telah disumulasikan oleh komputer terhadap suatu objek nyata atau imajinasi.

Perbedaan Augmented Reality vs Virtual Reality

Untuk dapat menggunakan teknologi VR ini, diperlukan perangkat khusus yang telah mendukung teknologi Virtual Reality ini. Perangkat yang mendukung teknologi VR ini biasanya telah menggunakan teknologi canggih yang dapat menyempurnakan realitas imajiner pada game, hiburan, dan lainnya.

Cara kerja dari perangkat VR adalah ketika pengguna menggunakan perangkat VR, maka nantinya si pengguna akan melihat dunia semu yang sebenarnya merupakan gambar - gambar dinamis hasil dari simulasi komputer.

Augmented Reality (AR)

Teknologi Augmented Reality adalah sebuah teknologi yang menggabungkan benda maya, baik berdimensi 2 atau 3 ke dalam suatu lingkungan nyata yang berdimensi 3, kemudian memproyeksikan benda - benda maya tersebut dalam waktu nyata agar terintegrasi dan dapat berjalan secara interaktif dalam dunia nyata.

Perbedaan Augmented Reality vs Virtual Reality

Berbeda dengan teknologi Virtual Reality yang membutuhkan perangkat tambahan, Augmented Reality justru tidak membutuhkan perangkat tambahan. Teknologi AR hanya membutuhkan kamera smartphone yang telah terintegrasi sensor Gyroscope dan Magnetic saja.

Salah satu game yang berhasil mempopulerkan teknologi Augmented Reality (AR) adalah Pokemon Go. Namun, selain Pokemon Go, masih banyak game dan aplikasi lain yang juga menggunakan teknologi AR ini, seperti Ingress, Layar dan Google Translate.

Kok bisa Google Translate menggunakan AR? Ya, karena pada aplikasi Google Translate terdapat salah satu fitur yang memungkinkan kamu untuk dapat menerjemahkan kata atau bahasa asing yang ada di papan petunjuk ataupun papan pengumuman tanpa harus mengetik ulang kata tersebut. Fitur tersebut bernama Scan to translate.

Perbedaan Augmented Reality vs Virtual Reality

Nah, itulah Perbedaan Augmented Reality vs Virtual Reality. Sekarang kamu sudah mengetahui kan perbedaan dari kedua teknologi tersebut. Share pendapat kamu dikolom komentar ya.

Semoga bermanfaat! (http://infodiki.blogspot.com)

Referensi :
  • http://techno.okezone.com/read/2016/03/21/207/1342136/ini-perbedaan-virtual-reality-augmented-reality
  • https://jalantikus.com/tips/augmented-reality-vs-vitual-reality/
Labels: Info Menarik

Thanks for reading Ini Dia Perbedaan Augmented Reality vs Virtual Reality. Please share...!

0 Comment for "Ini Dia Perbedaan Augmented Reality vs Virtual Reality"

Komentar yang menyertakan "link mati, link aktif, mempromosikan barang, menghina, dan sejenisnya" tidak akan di publish dan akan dianggap sebagai SPAM.

*orang bijak pasti meninggalkan komentar pada setiap artikel yang dibacanya

Back To Top