-->

6 Alasan Kenapa Kamu Dilarang Membeli Smartphone Black Market

6 Alasan Kenapa Kamu Dilarang Membeli Smartphone Black Market

Saat ini smartphone bukan lagi sebuah barang mewah melainkan sebuah kebutuhan. Hal itu karena selain sebagai media hiburan, smartphone juga bisa membantu kita dalam menyelesaikan pekerjaan, atau bahkan bisa menghasilkan uang. Seperti yang kita ketahui, untuk mendapatkan smartphone dengan spesifikasi yang mumpuni dibutuhkan uang yang tidak sedikit.

Maka dari itu, tidak jarang sebagian orang lebih memilih untuk membeli smartphone dengan harga murah meskipun kualitasnya kurang bagus. Mengapa demikian? Karena banyak orang lebih mementingkan gaya ketimbang kualitas serta kuantitas dari smartphone tersebut.

Smartphone murah yang paling dicari banyak orang adalah smartphone BM atau Black Market. Kenapa demikian? Karena dengan smartphone black market, kamu bisa mendapatkan smartphone dengan merk ternama tapi dengan harga yang sangat murah. Hal itu dikarenakan smartphone black market yang masuk ke Indonesia tidak memiliki izin serta tidak melalui pajak sehingga harga jual smartphone BM ini sangat murah dengan kondisi yang sangat mulus.

Alasan Kenapa Kamu Dilarang Membeli Smartphone Black Market

Dibalik harganya yang murah, ternyata smartphone black market itu memiliki dampak yang sangat buruk serta merugikan kamu sebagai pembeli. Nggak percaya? Simak aja ulasannya dibawah ini.

1. Smartphone Regional

6 Alasan Kenapa Kamu Dilarang Membeli Smartphone Black Market

Tahukah kamu ada beberapa negara yang berkerja sama dengan perusahaan besar untuk membuat smartphone yang khusus dibuat untuk negaranya sendiri. Misalnya saja, Verizon di Amerika Serikat. Nah, jika kamu membeli smartphone black market yang ternyata merupakan untuk negara tertentu, maka tentu saja sangat berbahaya. Karena terkadang smartphone versi regional memiliki firmware atau sistem yang berbeda dengan versi global. Jadi, kamu harus terima jika smartphone BM yang kamu beli suatu saat akan terjadi error.

2. Aksesoris Yang Tidak Original

6 Alasan Kenapa Kamu Dilarang Membeli Smartphone Black Market

Aksesoris merupakan salah satu elemen terpenting yang harus ada pada smartphone. Misalnya saja charger dan headphone. Dengan charger asli tentunya akan membuat baterai smartphone kamu awet karena biasanya charger asli sudah disetting untuk mengecas sesuai dengan kebutuhan smartphone. Selain itu, headphone original juga memiliki kualitas suara yang lebih bagus bila dibandingkan dengan charger yang tidak asli.

Namun faktanya, banyak penjual smartphone black market yang berlaku curang, yaitu tidak memberikan aksesoris smartphone yang asli dan mereka hanya membeli kardus yang kemudian menyisipkan berbagai aksesosis smartphone yang palsu atau tidak original.

3. Garansi Yang Pendek

Selain aksesoris, garansi juga merupakan hal yang harus diperhatikan sebelum membeli smartphone. Umumnya smartphone resmi memiliki masa garansi yang cukup panjang, yakni 1 - 2 tahun. Namun berbeda dengan smartphone black market. Penjual smartphone black market biasanya memberikan masa garansi personal hanya sekitar 2 minggu atau 1 bulan dan yang paling lama hanya 6 bulan saja.

4. Body Smartphone Yang Tidak Selalu Mulus

Beberapa penjual smartphone black market biasanya menawarkan tingkatan kemulusan pada smartphone yang dijualnya. Tingkatan tersebut biasanya diberi nama grade 1 untuk smartphone yang sangat mulus, grade 2 untuk smartphone yang agak mulus, dan grade 3 untuk smartphone tidak mulus alias banyak minus-nya. Harganya pun juga bervariatif, tergantung dari grade atau tingkat kemulusannya.

5. Kerusakan Hardware

6 Alasan Kenapa Kamu Dilarang Membeli Smartphone Black Market

Selain kerusakan pada body smartphone, ada juga beberapa smartphone black market yang mengalami kerusakan pada hardware. Misalnya saja, kerusakan yang terjadi pada layar smartphone yang mana menyebabkan layar menjadi berbayang. Kejadian seperti itu biasanya terjadi pada smartphone dengan layar Super Amoled. Selain itu, ada juga purple tint pada kamera HTC juga bisa terjadi.

6. Tidak Bisa Service Di Service Center Resmi

6 Alasan Kenapa Kamu Dilarang Membeli Smartphone Black Market

Hampir semua orang pasti sudah mengetahui kalau smartphone black market tidak akan bisa di service di service center resmi. Jadi, jika smartphone BM kamu rusak, mau tidak mau kamu harus service di tempat service non resmi yang biasanya tidak menggunakan spare part asli untuk mengganti spart part hardware yang rusak.

Itulah beberapa alasan kenapa kamu dilarang untuk tidak membeli smartphone black market. Gimana? Masih mau untuk membeli smartphone black market? Bagikan pendapat kamu di kolom komentar ya!
Labels: Info Menarik

Thanks for reading 6 Alasan Kenapa Kamu Dilarang Membeli Smartphone Black Market. Please share...!

0 Comment for "6 Alasan Kenapa Kamu Dilarang Membeli Smartphone Black Market"

Komentar yang menyertakan "link mati, link aktif, mempromosikan barang, menghina, dan sejenisnya" tidak akan di publish dan akan dianggap sebagai SPAM.

*orang bijak pasti meninggalkan komentar pada setiap artikel yang dibacanya

Back To Top